Cepat Tanggap Gubernur Sumsel Dan Bupati Lahat Tinjau Lokasi Banjir Bandang

LAHAT.KPN.||- Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru didampingi oleh Bupati Lahat Cik Ujang.,SH dan Ketua TP-PKK Kabupaten Lahat Ny. Lidyawati Cik Ujang.,S.Hut.MM meninjau langsung wilayah yang terendam banjir di Desa Tanjung Sirih Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat, kamis (09/03/23).

Banjir diakibatkan karena meluapnya aliran sungai Liem yang memang sudah tidak sanggup menampung genangan air. Sebab, curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan banjir bandang ini.

Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru mengatakan, hari ini saya mendapatkan berita yang viral sekali di Desa Lubuk Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat, ternyata memang benar sungai lematang meluap dari sungai Liem mengalir ke Desa Lubuk Sepang ini, ada 2 bangunan SD (3 Lokal), PAUD, dan 3 Rumah hanyut. Alhamdulillah dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

“Nah, ini yang paling penting karena kesiagaan masyarakat, Kepala Desa, BPBD, dan TNI-Polri semua bergerak. Saya ditemani Bupati Lahat juga ada berada disini untuk segera menangani apa yang harus kita atasi secepat mungkin. Sawah 40 ha pasti gagal panen, karena di sapu oleh banjir bandang ini”, ucapnya.

Gubernur Sumsel itu juga menambahkan, “Masih ada 1 Kecamatan lain lagi, yaitu Mulak Sebingkai yang menghanyutkan 25 rumah sekaligus, yang mana terjadi juga bencana banjir bandang disana. Dan kepada masyarakat luas, kedepan ini menjadi peringatan kita agar tetap menjaga alam kita agar alam juga menjaga kita, dan untuk aliran sungai ini, kita akan segera reboisasi”, tutupnya.

Sementara itu Bupati Lahat Cik Ujang.,SH menyampaikan bahwa kejadian ini merupakan duka yang mendalam bagi kita semua, khususnya masyarakat Kabupaten Lahat yang mana pada harini bukan hanya Desa Lubuk Sepang dan Tanjung Sirih saja yang banjir. Mulak Sebingkai, Kota Agung, Mulak Ulu, Kikim, Gumay Ulu juga terkena bencana banjir bandang ini.

“Saya ingatkan kepada masyarakat tetap waspada, karena ini merupakan bencana yang luar biasa dahsyat. Tetap menjaga diri dengan berhati-hati, insya Allah bencana ini akan segera berakhir, walaupun banyak bangunan yang hanyut, terpenting tidak ada korban dalam bencana ini. Dan kepada BPBD, dan seluruh jajaran yang terkait akan selalu siap siaga dalam membantu masyarakat Kabupaten Lahat”Ujar nya.(02)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *